Monday 21 November 2011

Cara Mengembalikan Grub Loader Linux yang Hilang

Cara Mengembalikan Grub Loader Linux  yang Hilang.
Ketika Kita menginstall Windows Xp atau Linux lainnya. kita terkadang menghapus partisi lain.. untuk itu kita butuh patisi linux kemabali. ane akan menjelaskan apa itu grub.
GRUB adalah implementasi referensi spesifikasi Multiboot, yang menyediakan pilihan untuk boot dari salah satu OS yang terpasang pada komputer atau memilih konfigurasi kernel tertentu yang tersedia pada partisi sistem operasi tertentu (biasanya muncul jika memakai dual OS). Bagi kalian yang memakai dual OS (Linux dan Windows) biasanya GRUB ini tidak akan mucul jika kalian telah menginstall ulang Windows. Naa,,, disini akan saya berikan cara mengembalikan GRUB yang hilang. Yang harus disiapkan adalah : Live CD atau USB Bootable Ubuntu (saya sarankan menggunakan Ubuntu 9.10).
  • Pertama : Masukan Live CD atau USB Bootable
  • Kedua : Gunakan Terminal (bukan terminal angkutan umun tp Terminal pada Linux) sudo grub : Pada terminal, ketikkan sudo kemudian menekan tombol spasi yang dilanjutkan dengan mengetik grub dan diakhiri dengan menekan tombol enter. Perintah ini dimaksudkan untuk memanggil GRUB.
  • Tunggu beberapa saat hingga ditunjukkan grub prompt grub> Selanjutnya, dari grub prompt inilah perintah - perintah berikut diketikkan. sudo find /boot/grub/stage1 : Pada terminal, ketikkan find kemudian menekan tombol spasi yang dilanjutkan dengan mengetik /boot/grub/stage1 dan diakhiri dengan menekan tombol enter. Perintah ini dimaksudkan untuk mencari file stage1. 
  • Tunggu beberapa saat, hingga muncul hasilnya. Contoh: (hd0,5) root (hd0,5) : Pada terminal, ketikkan root kemudian menekan tombol spasi yang dilanjutkan dengan mengetik (hd0,5) dan diakhiri dengan menekan tombol enter. Catatan: Perintah setelah root, harus disesuaikan dengan hasil yang didapatkan pada perintah sebelumnya. Jika pada perintah find /boot/grub/stage1 didapatkan (hd0,8), maka pada langkah ini perintah yang harus diketik adalah root (hd0,8). setup (hd0,5) :
  • Pada terminal, ketikkan setup kemudian menekan tombol spasi yang dilanjutkan dengan mengetik (hd0,5) dan diakhiri dengan menekan tombol enter. Catatan: Perinta setup, harus disesuaikan dengan perintah sebelumnya. Jika pada perintah root (hd0,8), maka pada langkah ini perintah yang harus diketikkan adalah setup (hd0,8). reboot :
  • Pada terminal, ketikkan reboot yang lalu dengan menekan tombol enter. Ketiga : Tunggu proses restart maka GRUB yang tadinya hilang (tidak kelihatan) mucul kembali.

No comments:

Post a Comment